Kamis, 15 Mei 2014

TATA RUANG KANTOR



PENGERTIAN TATA RUANG KANTOR

Istilah tata ruang kantor berasal dari bahasa inggris, yaitu Office Layout atau sering disebut juga Layout saja. Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor.

PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI
1. Menurut George Terry
Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja.
2. Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan
Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai.
3. Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai, karena berjalan mondar-mandir yang sebetulnya tidak perlu.
4.  Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien, yaitu suatu luas lantai tertentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya.

ASAS TATA RUANG KANTOR 
  •     Asas mengenai jarak terpendek. Dengan tidak mengabaikan hal – hal yang khusus,suatu tatauruang yang terbaik ialah yang memungkinkan proses penyelesaian sesuatu pekerjaan menempuh jarak yang terpendek – pendeknya. Dalam hal ini garis lurus antara 2 titik adalah jarak yang terpendek.
  •        Asas mengenai rangkaian kerja. Suatu  tataruang yang terbaik adalah yang menempatkan para pegawai dan alat – alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut – urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan
  •    Mengenai penggunaan segenap ruang. Suatu tataruang yang terbaik ialah yang mempergunakan sepenuhnya semua ruang yang ada. Ruang itu tidak hanya yang berupa luas lantai saja ( ruang datar ), melainkan juga ruang yang vertical ke atas maupun ke bawah.
  •    Asas mengenai perubahan susunan tempat kerja. suatu tataruang yang terbaik ialah yang dapat diubah atau disusun kembali dengan tidak terlampau sukar atau tidak memakan biaya yang besar.

LINGKUNGAN KANTOR 
Lingkungan Kantor adalah segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya didalam melaksanakan tugas-tugasnya dan menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
PENGERTIAN ERGONOMI 
Ergonomi yaitu ilmu ayang memmpelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Ergonomi berasal dari kata Yunani ergon yang artinya kerja dan nomos yang berarti aturan, secara keseluruhan ergonomi berarti aturan yang berkaitan dengan kerja, sasaran penelitian ergonomi adalah manusia pada saat bekerja dalam lingkungannya
MACAM-MACAM TATA RUANG KANTOR 

Pada dasarnya, dikenal empat macam tata ruang, yaitu :
1. Tata ruang berkamar (Cubcile Type Offfice)
Adalah ruang untuk bekerja yang dipisah atau dibagi dalam kamar-kamar.
2. Tata ruang kantor terbuka (Open Plan Office)
Adalah ruang besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja sama-sama di ruangan termaksud tanpa dipisah oleh penyekat.
3. Tata ruang kantor berhias atau berpanorama/bertaman (Land Scaped Offices)
Adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorsi, dan lainnya. Bentuk ruangan kanntor behias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemanadangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan, dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.
4. Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar, tat ruang kantor terbuka, dan tata ruang kantor 

KELEBIHAN TATA RUANG KANTOR
  •   biaya perubahan layout sangat murah dibandingkan konsep konvensional.
  •     biaya instalasi pertama lebih murah dibandingkan konsep konvensional.
  •     pengurangan jumlah dinding permanent dan kantor private meningkatkan penggunaan ruang yang tersedia.
  •  meningkatkan produktivitas melalui efisiensi arus kerja, meningkatkan komunikasi, meningkatkan moral, keterlibatan emosional pegawai, serta meningkatkan kenyamanan mereka
  • menghemat energi 
KELEMAHAN TATA RUANG KANTOR
  •    Kurang tersedianya privasi dalam ruang kantor
  •  Ketidaksesuaian dengan struktur organisasi yang birokratis atau kultur budaya yang cenderung otokratis
  • Kurang efektif bagi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti departemen administrasi keuangan.

FASILITAS KANTOR




3 komentar: